Mary Baker Eddy adalah penemu dan pendiri Christian Science. Pada tahun 1879, ia mendirikan Gereja Kristus, Ahli Ilmupengetahuan berdasarkan ajaran dan penyembuhan Kristus Yesus.

Lahir dan dibesarkan di sebuah peternakan di New Hampshire, orang tua Mary Baker Eddy menekankan kehadiran Allah dalam kehidupan sehari-hari dan pentingnya mempelajari Alkitab. Dari usia dini Eddy bergantung dengan penuh kepercayaan kepada Allah dalam doa, Alkitab adalah teman setianya. Dalam  masa pertumbuhannya, Eddy sering sakit; dalam upaya untuk mencari bantuan di usia dewasa, ia mencoba homeopati, allopathy, diet, spiritualisme, mesmerisme, pengobatan air, dan  metode pengobatan  lain yang populer  pada masa itu. Namun tidak satupun dari metode tersebut memberikan penyembuhan yang tetap.

Suatu malam di musim dingin ketika berumur  pertengahan empat puluhan, Eddy terpeleset dan jatuh di atas lapisan es di jalan dan dibawa ke sebuah rumah terdekat dengan luka dalam yang serius. Setelah tiga hari dia tidak menunjukkan tanda-tanda akan sembuh. Berbaring di tempat tidur, Eddy meminta Alkitabnya dan membaca dua  peristiwa penyembuhan Kristus Yesus di Alkitab: pria dengan tangan layu dan pria yang hanya terbaring pada tempat tidurnya karena lumpuh.  Setelah membaca peristiwa penyembuhan dari  Alkitab, Eddy sembuh dari luka-nya tanpa menggunakan obat dan sangat mengejutkan pendeta, dokter, dan teman-teman.

Itu tidak cukup baginya bahwa ia secara fisik disembuhkan. Dia ingin memahami bagaimana penyembuhan itu terjadi dan mulai mempelajari Alkitab-nya dengan mendalam,  membuat banyak catatan tentang dasar ilmiah dari penyembuhan Yesus. Tiga tahun ia mempelajari dan menulis. Dalam otobiografinya, dia menulis waktu itu, "Alkitab adalah buku pelajaran saya. Alkitab menjawab pertanyaan saya tentang bagaimana saya disembuhkan, tetapi Kitab Suci tersebut memiliki makna baru untuk saya, seperti bahasa yang baru. Makna spiritual  penyembuhan di Alkitab muncul, dan saya menangkap untuk pertama kalinya, arti spiritual  Alkitab, ajaran Yesus dan pembuktian penyembuhan, dan Prinsip dan aturan Ilmu spiritual dan penyembuhan metafisik, dalam kata, Christian Science. ... Keajaiban dicatat dalam Alkitab, yang sebelumnya tampak bagi saya sebagai hal supranatural, pengertian Ilahi tumbuh secara alami dan dapat dipahami ... "(Retrospeksi dan Introspeksi, hal 25).

Bertahun-tahun mempelajari Alkitab akhirnya menuntun Eddy menulis buku ajar definitif pada penyembuhan ilmiah  secara Kristen, disebut Ilmupengetahuan dan Kesehatan dengan Kunci untuk Kitab Suci. Seratus halaman terakhir dari buku ini berisi kesaksian dari orang-orang yang disembuhkan-mental dan fisik-hanya dengan membaca  buku Ilmupengetahuan dan Kesehatan dengan Kunci untuk Kitab Suci.  Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1875, dan sampai hari ini sudah terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa; penyembuhan dialami oleh pembaca buku ini berlanjut hingga hari ini.

Eddy mendirikan gerejanya pada tahun 1879, dan kemudian mentahbiskan Alkitab dan Ilmupengetahuan dan Kesehatan dengan Kunci untuk Kitab Suci sebagai gembala gereja. Khotbah di gereja-gereja Christian Science terdiri dari membaca Pelajaran Alkitab mingguan mengenai suatu topik tertentu;  Khotbah pelajaran Alkitab ini dipelajari sepanjang minggu dan kemudian dibacakan pada hari Minggu.

Saat ini,  pusat  dari gereja Christian Science ada di Boston, Massachusetts, dan  "gereja-gereja cabang" dapat ditemukan di seluruh dunia. Semua gereja Christian Science menyelenggarakan kebaktian hari Minggu dan menggunakan Khotbah Pelajaran Alkitab yang sama. Dan menyelenggarakan kebaktian di pertengahan minggu, dimana anggota dari jemaat berbagi pengalaman penyembuhan mereka melalui praktik Christian Science.

Berikut adalah beberapa artikel tentang Mary Baker Eddy dari The Christian Science Journal dan Christian Science Sentinel.

Baca Selanjutnya